Mengenal Istilah Hue, Saturation dan Lightness

Warna adalah representasi dari frekuensi yang nilainya berbeda serta merambat malalui cahaya hingga sampai ke mata. Warna berasal dari spektrum cahaya sempurna yang berwarna putih (dalam panjang gelombang) yang berinteraksi di retina mata dengan kepekaan dari reseptor cahaya. Kategori warna dan spesifikasi fisik dari warna juga berhubungan dengan benda-benda, berdasarkan sifat fisik mereka seperti penyerapan cahaya, refleksi, atau spektrum emisi. Dengan mendefinisikan warna ruang, warna dapat diidentifikasi secara numerik dengan koordinatnya. Dengan adanya nilai yang berbeda-beda, maka menghasilkan warna yang berbeda-beda yang kita lihat saat ini. Warna di bagi atas warna dasar, warna premier dan warna tersier.

Apa itu HSL?

Itulah definisi singkat mengenai warna, kembali ke kasus kita yaitu pembahasan mengenai Hue, Saturation dan Brightness atau dikenal juga dengan istilah HSL. Karena pada tulisan di atas kita sudah membahas mengenai warna, tentu ketiga istilah ini ada hubungannya dengan warna. Hue, Saturation, Brightness adalah aspek dari skema warna Red, Green, Blue (RGB)

Mengenal Hue

Hue adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan suatu warna-warna dasar seperti merah, biru, hijau, kuning, coklat dan sebagainya. Sehingga perbedaan antara warna adalah perbedaan dalam hue. Sehingga hue adalah penyebutan lain dari warna itu sendiri. Bagi seorang penulis istilah "hue" sering digunakan untuk kombinasi dari warna-warna dasar. Sedangkan untuk seorang fotografi istilah "hue" digunakan sebagai penyebutan satu warna tertentu.

Contoh penerapan hue pada warna biru :

Hue
Proses merubah warna dasar menjadi biru

Mengenal Saturation

Saturation adalah intensitas dari hue. Oleh karena itu warna-warna dasar yang terang adalah warna dengan intensitas saturation tinggi. Sedangkan warna pastel/muda adalah warna dengan intensitas saturation rendah. Sedangkan untuk warna monochrome (hitam putih) sama sekali tidak mempunyai saturation.

Contoh penerapan saturation :

Saturation
Proses penambahan kecerahan warna

Mengenal Lightness

Brightness adalah ketajaman dari suatu warna ataupun tingkat hitam atau putih dalam skala warna. Istilah ini juga dikelan dengan value atau tone

Contoh Penerapan Lightness : 

Lightness
Proses pengurangan pencahayaan ataupun menghitamkan gambar.

Nah dari pembahasan singkat ini semoga menjadikan kita lebih paham dan mengerti sedikit mengenai warna jika digunakan pada teknologi komputer khususnya bidang multimedia dan fotografi. Semoga bermanfaat.

Gambar : fotonela.com

1 Comments

Perhatian Para Pembaca!
Dilarang Keras:
1. Menggunakan kata-kata kotor dalam menulis komentar, terima kasih atas partisipasi saudara/i.
2. Menulis link hidup, link yang tidak berkaitan.
3. Silahkan sertakan sumber jika meng-copy tulisan di atas.
4. Sangat disarankan untuk memfollow blog ini.
5. Jangan lupa untuk berlangganan artikel terbaru.

Previous Post Next Post