Perintah Dasar Linux Terlengkap - Modul 1

By , 12:56 ~ , 0 komentar
Untuk mempelajari linux terlebih dahulu kita harus menguasai bahasa atau standar yang dimengerti oleh sistem itu sendiri. Seperti halnya dalam belajar bahasa inggris, tujuannya agar kita dapat berkomunikasi kepada siapapun yang menggunakan bahasa inggris. Standar bahasa dan perintah juga teradapat pada sistem komputer dimana perintah atau command tersebut adalah interface yang menghubungkan user sehingga bisa melakukan perintah sesuai dengan keinginan dan kehendaknya. 

Pada materi berikut ini, kita akan membahas mengenai perintah-perintah dasar Linux yang akan kita sajikan lebih lengkap beserta fungsi, kegunaan perintah hingga contoh penggunaannya. Fungsi perintah dasar pada linux memberikan kita kemudahan untuk melakukan konfigurasi khususnya pada pengelolaan server dengan sistem operasi berbasi text/teks dengan layar hitam dan teks berwarna putih. Murni harus dilakukan pengetikkan perintah agar sistem operasi mengerti dan melakukan apa yang dinginkan user. 

perintah linux lengkap
Khususnya bagi para pemula yang ingin belajar ataupun menguasi sistem operasi linux sangat disarankan untuk menguasai perintah-perintah dasar pada linux. Begitu banyak perintah yang harus di hafalkan fungsi dan cara manfaat menggunakan perintah dasar linux. Untuk itu kita mulai saja belajar linux dari perintah - perintah dasar. 

Adapun macam-macam perintah dasar pada linux terlengkap adalah sebagai berikut :

1. --help
Perintah "--help" berfungsi untuk menampilkan keterangan lebih lanjut untuk melakukan suatu intruksi terhadap sistem operasi. Bisa juga diartikan bahwa "--help" (juga bisa menggunakan -h saja) digunakan untuk mengetahui perintah berikutnya untuk memberikan instruksi kepada sistem. Pada dasarnya perintah "--help" sama dengan "/h" pada MsDos di Windows. Cara penggunaannya adalah dengan mengetikkan perintah utama kemudian diikuti dengan -h yaitu example_command --help. 
Contoh : ping --help

2. adduser
Perintah "adduser" digunakan untuk menambahkan user yang menggunakan linux. Pada sistem operasi Windows ini sama saja fungsinya dengan pengaturan pada control panel, user account. Adapun perintah untuk menambahkan user adalah adduser nama_user_baru
*Catatan : Sistem operasi linux menerapkan aturan case sensitive
Contoh : adduser mbah4us

3. ls
Fungsi dari "ls" adalah untuk menampilan isi dari direktori yang aktif atau yang telah dipilih. "ls" juga sering diartikan sebagai list yang artinya adalah daftar. Untuk membedakap antar jenis file saat menggunakan perintah ls dapat kita tambahkan argumen seperti berikut "ls --color".
Contoh : ls /home

4. cp
Fungsi perintah "cp" pada linux adalah untuk meng-copy data atau direktori yang akan diduplikasi. Namun pada linux tidak ada istilah paste.
Contoh : cp mbah4us /home

5. mv
Fungsi perintah dasar mv adalah untuk move, untuk memindahkan data atau direktori sama halnya dengan istilah cut yang kita kenal.
Contoh : mv mbah4us /home
Al Akram
Perintah Dasar Linux Terlengkap - Modul 1 - written by Al Akram , published at 12:56, categorized as Belajar Linux , Linux . And have 0 komentar
No comment Add a comment

Perhatian Para Pembaca!
Dilarang Keras:
1. Menggunakan kata-kata kotor dalam menulis komentar, terima kasih atas partisipasi saudara/i.
2. Menulis link hidup, link yang tidak berkaitan.
3. Silahkan sertakan sumber jika meng-copy tulisan di atas.
4. Sangat disarankan untuk memfollow blog ini.
5. Jangan lupa untuk berlangganan artikel terbaru.

Cancel Reply
GetID