Perbedaan Tablet dan Phablet

Tablet, adalah sebuah komputer canggih dengan ukuran segenggam telapak tangan, lebih portabel dibandingkan dengan laptop ataupun notebook. Gadget yang satu ini pastinya tidak asing lagi dikalangan pencinta teknologi, bagaimana tidak, hampir semua orang ingin menggunakannya karena fitur yang ditawarkan beragam dan juga canggih. Dengan ukuran yang relatif kecil dan ringan menjadikan tablet sangat mudah dibawa kemanapun dalam kegiatan apapun. Lalu dengan ukurannya yang kecil tidak menghalangi si tablet PC ini untuk menandingi laptop ataupun notebook terbaik dan favorit. Dari aspek hardware pun tidak kalah, sudah mencapai dual-core dan bahkan quad-core.


Fitur yang dimiliki PC tablet, yaitu:
1. Layar sentuh yang sangat mudah untuk bernavigasi dan berselancar di atas layar dengan ukuran beberapa inci saja.
2. Juga sanggup dengan layanan wireless access point untuk terkoneksi ke jaringan Wifi maupun hotspot.
3. Pada umumnya tablet berstandard sistem operasi open source yaitu Android yang mudah untuk dikembangkan sesuai keinginan, kecuali pada piranti keluaran Microsoft dan Apple yang menggunakan Windows phone dan IOS.   


Lalu apakah perbedaan tablet dengan phablet?

Perbedaanya diantara keduanya tidak terlalu signifikan, hanya saja phablet memiliki fungsi telepon layaknya smartphone, sedangkan tablet tidak memiliki fungsi tersebut. Bentuk keduanya pun sama saja. Ukuran phablet biasanya lebih kecil beberapa inci dari pada teblet karena ada layanan telepone, agar memudahkan kita ketika melakukan ataupun menerima telepon.

Kenapa phablet diciptakan?


Pada dasarnya tablet sudah memiliki kemampuan untuk terkoneksi ke jaringan Wifi, namun sesuai kebutuhan kita atas internet dan komunikasi menjadikan adanya permintaan terhadap layanan yang lebih instan lagi.Untuk layanan wifi hanya dapat diakses dispot atau lingkungan tertentu saja. Sedangkan kita ketahui bahwa layanan sinyal provider GSM ataupun CDMA lebih luas terjangkau. Hampir diseluruh Indonesia bisa tercakup. Ini lah yang menjadi alasan kenapa diciptakan phablet. 

Dan atas dasar apa kita harus menggunakan phablet sementara kita telah memiliki smartphone?

Tidak ada paksaan dan alasan apapun, itu semua hanya masalah selera saja.
Tapi dari pendapat penulis sendiri memberi opini bahwa jika kita menggunakan tablet atau phablet, kemampuannya bisa lebih tinggi dibanding smartphone. Biasanya itu dibuktikan dengan perbedaan RAM ataupun CPU pada masing-masing perangkat. Ya, sekarang pilihan kita tentukan masing-masing, yang pasti sekarang bertambah lagi pengetahuan kita mengenai perkembangan gedget dewasa ini. Terimas kasih telah membaca. Jika ada pertanyaan boleh tinggalkan komentar dibawah ini sob.

Post a Comment

Perhatian Para Pembaca!
Dilarang Keras:
1. Menggunakan kata-kata kotor dalam menulis komentar, terima kasih atas partisipasi saudara/i.
2. Menulis link hidup, link yang tidak berkaitan.
3. Silahkan sertakan sumber jika meng-copy tulisan di atas.
4. Sangat disarankan untuk memfollow blog ini.
5. Jangan lupa untuk berlangganan artikel terbaru.

Previous Post Next Post