Mudahnya Cek Ranking SEO dan Posisi Artikel di Indeks Pencarian Google

Kali kita akan berbagi ilmu dan cara untuk mengetahui peringkat berapa halaman artikel Anda di mesin pencari Google. Jelas ini sangat penting dan bermanfaat khususnya kepada teman-teman yang baru belajar dalam SEO, atau yang sedang mengejar keyword tertentu. Karena dengan mengetahui posisi peringkat sebenarnya pada index google maka kita akan tahu sampai dimana kualitas kita dalam melakukan praktek SEO. 

Walaupun pada kenyataannya posisi peringkat indeks pada mesin pencarian google bukanlah segalanya, akan tetapi ini akan memberikan manfaat yang banyak jika kita berhasil menembus ranking pertama di halaman pertama mesin pencari google. Dengan kata lain kita juga bisa mengatakan istilah ini dengan bagaimana SEO situs kita terhadap keyword tertentu.

Mengapa demikian?

Jawabannya adalah, dengan meraih keberhasilan pencarian di mesin pencari maka pengguna internet ataupun pencari informasi yang menggunakan layanan mesin pencari akan mengunjungi situs kita. Dengan mengetikkan keyword tertentu pada mesin pencari maka akan muncullah beberapa pilihan informasi yang ditampilkan dari hasil pencarian tersebut.
bagaimana SEO situs kita terhadap keyword tertentu
Oleh karena itu melalui artikel ringkas ini kami akan coba menjelaskan dan menyajikan beberapa praktek untuk mengetahui peringkat berapakan posisi artikel yang telah kita tentukan target kata kuncinya.

1. Langah pertama adalah membuka layanan mesin pencari, disini kita akan contohkan salah satu yang paling populer yaitu situs Google.co.id

2. Setelah terbuka, maka ketikkan keyword yang telah kita targetkan untuk dicari. Dalam hal ini yang akan kami contohkan adalah kata kunci :

Keyword Target : "Mengatasi masalah partisi install windows 8.1"

Mengatasi masalah partisi install windows 8.1
Dari hasil yang ditampilak di atas terlihat bahwa hasil pencarian dengan kata kunci tersebut memiliki 14,400 hasil pencarian yang terkait kata kunci (seperti yang di tandai warna kuning). Dari situlah akan tampak informasi dari situs-situs yang membahas mengenai kata kunci yang terkait tersebut.

Catatan : Akan  tetapi pengujian ini belum sepenuhnya benar karena apabila email yang kita gunakan terhubung dengan google, maka terkadang hasil pencarian akan menampilkan halaman yang sudah pernah kita buka sebelumnya yang tersimpan pada cache. Oleh karena untuk mengetahui peringkat sebenarnya haruslah tidak login di chrome atau sebelumnya menghapus cahce history.

Cara Mengetahui Peringkat di Google

Menggunakan Incognito Mode. Incognito adalah cara yang paling sederhana untuk cek peringkat postingan di google. Cara ini dilakukan tanpa install aplikasi ataupun tool apapun. Dengan menggunakan mode ini pada chrome maka hasil pencarian yang ditampilkan bersifat netral dan tidak memihak kepada penilik email.

Cara cek SEO dengan incognito

Bagaimanakah cara mengetahuinya?
Catatan : Tidak ada langkah khusus ataupun metode tertentu untuk mengetahui rangking artikel sebenarnya atau posisinya pada indeks mesin pencari. 
Disini kita akan berikan beberapa contoh ringkas dengan menggunakan kata kunci tertentu yang akan kita tanyakan kepada situs mesin pencari google. Akan kita contohkan bagaimana langkah-langkahnya. Target Keyword : mengatasi masalah partisi intall windows 8.1

Maka akan muncul seperti tampilan dibawah ini :
peringkat SEO artikel
Penjelasan diatas yaitu sebagai berikut :

  1. Pada saat kita telah mengirim pencarian ke mesin pencari maka mesin pencari akan melakukan penelusuran ke dalam database indeksnya yang diupdate secara berskala. Maka akan muncullah beberapa pilihan situs yang dirangking berdasarkan kategori yang hanya diketahui oleh pengembang mesin pencari atau yang disebut dengan algoritma.
  2. Pada urutan pertama yang muncul adalah situs mbah4us.blogspot.com
  3. Nah dari sini kita sudah tahu untuk pencarian keyword mengatasi masalah partisi intall windows 8.1 sudah disediakan kepada kita berdasakan kategori terbaik menurut mesin pencari google.

Demikian pemaparan ringkas dari kami, semoga bermanfaat!

2 Comments

Perhatian Para Pembaca!
Dilarang Keras:
1. Menggunakan kata-kata kotor dalam menulis komentar, terima kasih atas partisipasi saudara/i.
2. Menulis link hidup, link yang tidak berkaitan.
3. Silahkan sertakan sumber jika meng-copy tulisan di atas.
4. Sangat disarankan untuk memfollow blog ini.
5. Jangan lupa untuk berlangganan artikel terbaru.

Previous Post Next Post