Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Terdeteksi

Keyboard merupakan salah satu alat input yang digunakan pada perangkat komputer ataupun laptop. Ia merupakan komponen utama yang apabila tidak berfungsi hampir 60% kegiatan tidak bisa kita lakukan pada perangkat laptop. Sehingga sering kali kerusakan pada keyboard membuat pekerjaan kita tidak terselesaikan sehingga memaksa kita untuk berpindah laptop. Salah satu permasalahan yang kerap terjadi pada laptop adalah keyboard yang tidak bisa ditekan dan tidak tampil pada layar ketikan.

solusi keyboard laptop rusak

Jelas sekali hal ini harus di cari jalan keluarnya. Dan saya yakin bagi Anda yang sudah sampai ke situs ini dan membaca tulisan ini pasti sedang mencari solusi dari masalah atau troubleshooting pada keyboard Anda. Biasanya permasalahan pada keyboard sering terjadi pada sistem operasi windows 8. Sedangkan untuk perangkat laptop ini hampir umum dialami oleh setiap merek, dan yang pernah saya alami langsung adalah laptop ASUS A450C. Oleh karena itu kali ini kami akan coba membantu Anda untuk mencai solusi mengatasi permasalahan pada keyboard yang rusak.

Mengatasi Keyboard yang tidak bisa digunakan


Mengatasi Keyboard Laptop Rusak


Ada beberapa tahap yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan pada keyboard notebook yang tidak bisa diketik ataupun digunakan. Ini adalah diagnosa awal yang harus kita lakukan pada keyboard notebook yang rusak. Dan pemeriksaan ini biasanya dilakukan pada sisi sistem operasi saja. Namun ini berlaku untuk setiap laptop dan setiap sistem operasi.

Diagnosa awal mengatasi keyboard error


  1. Pastikan tidak ada tombol pada keyboard yang lengket atau tertekan
  2. Pastikan keyboard tidak kotor dibagian dalam key/tombol nya
  3. Pastikan kabel data keyboard tidak terlipat atau terlepas
  4. Cek apakah ada gangguan pada driver keyboard
  5. Pastikan tombol/key alt tidak tertahan

Baca Juga : Permasalahan Partisi Saat Install Windows 8.1

Jika semua indikasi di atas sudah dilakukan dan di cek namun masih saja permasalah terjadi, maka kemungkinan besar permasalah terjadi pada driver keyboard. Untuk itu agar permasalahan pada keyboard yang tidak bisa diketik ini bisa terselesaikan, maka ada beberapa tahapan yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya, yaitu :

device manager laptop

Solusi yang bisa dilakukan


  1. Cek pada Device Manager laptop, cek pada keyboard apakah ada hal yang mencurigakan atau pesan warning tanda seru warna kuning pada device manager, ini sangat jarang terjadi namun bisa saja sistem operasi gagal menjalankan driver.
  2. Jika tidak ada ditemukan seperti gambar di atas, maka cobalah untuk melakukan restart.
  3. Jika setelah di restart permasalahan masih belum selesai coba lakukan uninstall driver dan install kembali. ** install driver keyboard biasanya otomatis, namun kadang juga tidak bisa dilakukan otomatis karena ada kesalahan pada sistem operasi.
  4. Jika sudah dilakukan dan masih belum bisa terselesaikan disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke toko komputer ataupun service center, namun jika Anda memiliki skill seorang teknisi Anda dapat membuka  keyboard laptop dan melakukan service (bagi yang berpengalaman sebagai teknisi).

Jika permasalahan ini tidak bisa diselesaikan biasanya orang toko komputer akan mengganti keyboard karena bisa saja permasalah terjadi pada perangkat kerasnya. Karena kita sudah melakukan cek pada sisi sistem operasinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan memberikan solusi.

1 Comments

Perhatian Para Pembaca!
Dilarang Keras:
1. Menggunakan kata-kata kotor dalam menulis komentar, terima kasih atas partisipasi saudara/i.
2. Menulis link hidup, link yang tidak berkaitan.
3. Silahkan sertakan sumber jika meng-copy tulisan di atas.
4. Sangat disarankan untuk memfollow blog ini.
5. Jangan lupa untuk berlangganan artikel terbaru.

Previous Post Next Post