Mengenal Internet Marketing

Apa itu internet marketing? Secara bahasa kita bisa pecah phrase Internet marketing menjadi internet dan marketing. Internet adalah singkatan dari interconnection network yaitu komunikasi yang berhubungan di seluruh dunia. Sedangkan marketing menurut arti Bahasa Indonesia adalah pemasaran atau perdangangan. Jadi kita bentuk pengertian dari internet marketing itu sendiri, yaitu kegiatan yang memasarkan atau mempromosikan produk atau jasa dengan menggunakan media online apa saja yang terhubung ke internet. Baik itu melalui website, blog, forum, jejaring sosial dan sebagainya. Target dari pemasaran produk atau jasa secara online ini bertujuan untuk menarik lebih banyak konsumen karena sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan internet setiap harinya lebih dari 6 jam/hari. Ini tentu manjadi probabilitas yang bisa dimanfaatkan oleh banyak produsen dan penyedia jasa yang ingin mempromosikan produknya secara online.
Mengenal Internet Marketing
Memang pemasaran secara online bisa saja tidak efektif. Mangapa demikian? Karena jika hanya membuat suatu website belum tentu akan menambah media advertise (periklanan) yang mengenalkan produk yang dimiliki. Dengan demikian ada beberapa faktor yang harus kita perhatikan dalam melakukan promosi melalui internet marketing.

Faktor #1 : Tentukan target pasar Anda. Dengan menentukan calon konsumen yang akan membeli produk akan lebih mudah dalam mencapai keberhasilan internet marketing Anda. Misalnya target Anda adalah kaum muda, nah sebaiknya kita melakukan internet marketing yang identik dengan para kaum muda seperti jejaring sosial contohnya facebook, twitter, peth, blackberry messenger dan masih banyak lagi media yang kita manfaatkan sebagai prospek promosi dengan internet marketing.

media online dan sosial media
Faktor #2 : Buatlah media yang unik, orisinil dan mencerminkan produk Anda. Misalnya Anda ingin membuat website atau blog. Cobalah untuk membuat sebaik mungkin website atau blog yang unik, terbukti keasliannya (orisinil) dan mencerminkan produk yang Anda miliki. Jangan samapai Anda membuat produk yang tidak sesuai dengan yang dipasarkan. Misalnya jika Anda menjual baju wanita, jangan membuat mengenai celana jeans. Ini tentu akan membingungkan konsumen bahkan efek jangka panjangnya Anda akan kehilangan kepercayaan konsumen.

Faktor #3 : Belajar tentang webmaster atau cara mencari peluang. Salah satunya adalah seperti belajar SEO. Anda bisa saja mengikuti kursus SEO dan internet marketing. Seperti mengikuti salah satu kursus SEO di jakarta. Dengan mengetahui beberapa poin yang bisa Anda manfaatkan akan lebih efektif melakukan bisnis online dan internet marketing.

Masih banyak faktor yang mempengaruhi internet marketing, namun dengan mempelajari sedikit demi sedikit Anda akan mampu mengerti dan mengoptimalkan internet marketing yang Anda bangun. Semoga dengan ini kita jadi lebih bisa mengenal internet marketing.

Post a Comment

Perhatian Para Pembaca!
Dilarang Keras:
1. Menggunakan kata-kata kotor dalam menulis komentar, terima kasih atas partisipasi saudara/i.
2. Menulis link hidup, link yang tidak berkaitan.
3. Silahkan sertakan sumber jika meng-copy tulisan di atas.
4. Sangat disarankan untuk memfollow blog ini.
5. Jangan lupa untuk berlangganan artikel terbaru.

Previous Post Next Post