Karimun Wagon R, Mobil SUPER Terbaik

Assalamualaikum Sahabat Blogger! Hhem.. Mobil, ketika bercerita tentang mobil sebenarnya saya sedikit grogi karena hingga saat ini saya belum bisa mengendarai mobil. Bukan berarti saya tidak ingin berusaha, bahkan sedari dulu saya sudah berniat ingin belajar mengemudikan mobil, namun memang belum rejeki saya saja. Tapi alangkah lebih baik kita mengenal lebih banyak mengenai mobil sebelum menggunakannya, sangat banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika mengetahui seputar mobil sebelum mengendarai mobil itu sendiri. Nah oleh karena itu, pada kesempatan ini saya kembali berbagi cerita mengenai mobil SUPER yang dewasa ini tampil sebagai icon yang oportunis dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.
Karimun Wagon R
Mobil SUPER, jangan kita bayangkan sebuah mobil yang mempunyai kemampuan super seperti yang kita lihat pada beberapa film fiksi yaitu Transformers dimana banyak mobil yang bisa berubah menjadi robot super canggih. Juga bukan mobil yang bisa melakukan semua aktivitas tanpa adanya intruksi dari manusia seperti pada film Cars. Eh, eh, kok jadi nyeritain film ya. Kita kembali ke fokus kita yaitu mobil super. Nah lantas seperti apakah mobil super itu? Tentu muncul pertanyaan dan keingintahuan kita tentang mobil SUPER?

Mobil SUPER, Karimun Wagon R
Karimun Wagon R, adalah mobil SUPER yang menjadi objek pembahasan tulisan saya kali ini. SUPER adalah singkatan dari beberapa kata yaitu S untuk Spacious, U untuk Usefull, P untuk Practical, E untuk Efficient dan R untuk Reasonable. Dari kumpulan huruf alphabet pada kelima awal unsur tadi terbentuklah kata "SUPER". Kata SUPER mengandung makna heroik dan tangguh, namun juga mempunyai fitur kelebihan dari masing-masing kata tersebut. Fitur SUPER inilah yang dimiliki oleh Karimun Wagon R. Karimun Wagon R adalah mobil produksi perusahaan jepang ternama yaitu, SUZUKI. Karimun memang sudah lama masuk ke pasar Indonesia. Suzuki wagon R memiliki 3 tipe yaitu : Type GA, Type GL dan Type GX. Secara umum dari mesin dan dimensi semua jenis type wagon R sama saja, perbedaannya hanya pada beberapa bagian saja, yaitu fitur yang dimiliki. Mobil karimun terkenal dengan designnya yang simpel dan elegan. Serta mudah untuk dibawa walau pada medan sempit sekalipun. Ini kelebihan secara umum, Nah, untuk itu kita lihat penjelasan dari SUPER yang dimilikinya untuk melihat dan membongkar keunggulan Karimun Wagon R. 

SPACIOUS 
Poin pertama yang membuktikan SUPER dari Karimun Wagon R, adalah Spacious yang berarti luas. Bentuk mobil karimun Wagon memang minimalis, namun ternyata didalamnya terdapat ruang yang luas. Ruangan di dalam mobil bisa di tempati oleh 5 orang sekaligus. Dengan ukuran yang luas tentu tidak akan berdesak-desakan saat berada di dalamnya. Dengan head dan leg room space yang besar membuat Karimun Wagon R memang sangat cocok digunakan bersama keluarga. 
SPACIOUS
Bagi keluarga yang hobi berwisata atau melakukan perjalanan jauh Karimun Wagon juga memberikan space yang luas dan panjang pada bagian bagasi. Barang yang kita bawa saat berwisata tidak perlu ditumpuk bersama kita di dashboard atau leg room. Ini akan memudahkan kita dalam melakukan perjalanan jauh sekalipun walau membawa banyak barang. Kabin yang luas juga memudahkan sirkulasi udara sehingga tidak akan gerah walaupun lama di dalam mobil. Bahkan dengan memuat 5 orang di dalamnya udara di dalam mobil tidak akan terasa sesak untuk bernafas. 

USEFULL
Karimun Wagon R bisa digunakan dalam keadaan apapun, baik itu saat liburan diakhir minggu/weekend, pulkam alias pulang kampung, pergi bekerja mencari nafkah, pergi berbelanja, mengantar anak pergi sekolah dan kemanapun tujuan Anda dalam kehidupan sehari-hari yang tidak ada habisnya. Mobil menjadi kendaraan kita dalam melakukan itu semua, oleh karena itu dengan adanya Karimun Wagon R kita bisa bersuka ria melakukan semua aktivitas yang begitu padat dengan cepat dan nyaman.

Bercerita sedikit mengenai impian saya memiliki sebuah mobil. Mungkin ini bukanlah hal yang menjadi impian lagi bagi sebagian orang, walaupun demikian saya tidak menganggap mimpi itu tidak penting. Yang saya sebut di dalam hati saya saat ini adalah

"Jika saya mempunyai sebuah mobil saya akan mengejak keluarga menghabiskan banyak waktu untuk bersama, mereka akan saya bawa ke tempat wisata, taman keluarga, wahana air atau waterboom, mengelilingi kota, dan banyak hal lainnya! Bersama keluarga membuat saya bahagia!"

Namun faktanya banyak orang yang telah mempunyai mobil tidak bisa menikmati waktu bersama keluarga. Sesibuk apapun kita tetap harus membagi waktu untuk keluarga. Sehingga mobil yang kita miliki akan menjadi lebih USEFULL layaknya Karimun Wagon R.

PRACTICAL
Mendukung tema praktis membuat karimun wagon sangat cocok digunakan dalam setiap kegiatan rutinitas kita. Mampunyai banyak slot dan ruang penyimpanan yang praktis sehingga kerapian di dalam mobil akan tetap terajaga. Desian yang praktis membuat mobil keluaran suzuki ini sangat efektif digunakan untuk kendaraan dalam kota yang begitu macet. Ya kita tahu bagaimana tidak lancarnya jalanan di dalam kota, namun dengan design praktis dan simple memuat kita lebih nyaman menggunakan Karimun Wagon R.
EFFICIENT 
Efisiensi transportasi khususnya mbil merupakan teknologi yang dikembangkan dewasa ini. Karimun Wagon R menggunakan Mesin berbahan alumunium K10B 998cc adalah sebuah generasi terbaru, DOHC, Multi Point Injection yang ringan dan bertenaga. Merupakan perpaduan yang sangat seimbang antara speed dan akselerasinya. Sehingga pengendara akan merasa nyaman saat menggunakan karimun wagon R.

Dilengkapi Gear Shift Indicator yang memudahkan Anda untuk memindahkan gigi perseneling agar mendapatkan efisiensi bahan bakar yang maksimal. Nah, penghematan bahan bakar juga merupakan salah satu kelebihan mobil karimun wagon R. hhm, jadi semakin berniat belajar mobil, tentunya saya ingin belajar dengan mobil karimun wagon R. Metal Timing Chain dimana mesin digerakkan dengan rantai besi yang menekan biaya perawatan yang lebih murah dan tahan lama dibanding berbahan belt karet.  Tidak hanya itu, mesin mobil ini dilengkapi dengan Intake Manifold berbahan plastik yang dapat meminimalisir penguapan bahan bakar dari radiasi mesin dan ditunjang bahan yang terbuat dari plastik sehingga membuat bobot mesin lebih ringan dan menghasilkan bahan bakar yang lebih efisien serta mesin lebih responsif. Selain untuk efektifitas bahan bakar dan minimal biaya perawatan dengan adanya Metal timing chain membuat karimun lebih bertenaga dan powerful.

REASONABLE
Dengan harga sesuai dengan kemampuan masyarakat Indonesia, yaitu untuk Type GA Rp. 77 juta, Type GX dengan harga Rp. 89,9 juta, dan Type GX dengan harga Rp. 99,9 Juta.Ini semua dilengkapi berbagai macam fitur yang diberikan, Karimun Wagon R sungguh lebih dari cukup. Dengan harga itu sagat cocok dengan pangsa pasar di Indonesia. Inilah mengapa saya begitu yakin dan percaya dengan Karimun Wagon R. Tidak neko-neko dengan sedemikian fasilitas yang ditawarkan maka harga tidak menjadi masalah. Jangan ragu, jangan bimbang, Karimun Wagon R, lebih dari cukup.

Dari kekuatan SUPER yang dimiliki mobil karimun (udah kayak superhero saja :)), tentu masih ada deskripsi yang lebih detail tentang alasan kita memilih Karimun Wagon R. Agar tidak bertanya-tanya lagi yuk kita lihat kelebihan mobil SUPER karimun wagon R.

Kelebihan #1 : Exterior SUPER
Karimun Wagon R mempunyai bagian exterior yang sangat super. Desain yang begitu menarik perhatian bagi banyak orang termasuk penulis sendiri. Sangat minimalis dan bersahabat dan pastinya sesuai dengan peraturan berlalu lintas. Seperti pada bagian High Lights Blue Eyes. Kita tahu bahwa sekarang sudah ada peraturan wajib menghidupkan lampu saat berkendara walupun disiang hari. Juga dengan adanya lampu sein yang sangat jelas pada bagian sudut kiri atas high lights dan bagian belakang mobil. Akan memudahkan pengendara lainnya untuk melihat saat ingin belok ke kiri ataupun ke kanan.
1. Fog lamp untuk pencahayaan maksimal
Menambah pencahayaan saat malam hari pada pandangan rendah. Dengan adanya fog lamp kita akan semakin mudah berkendara di malam hari walaupun berada pada jalan yang tidak bersahabat. Pencahayaan yang kita terima dari fog lamp membuat kita bisa mendapatkan beberapa manfaat seperti kita melihat lubang pada jalan, tanjakan, menghindari ranjau paku atau pecahan kaca, melihat jarak ban dari drainasse dan masih banyak lagi. Apa lagi kita tahu bagaimana banyaknya ranjau yang dipasang oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Tentu dengan adanya fog lamp ini bisa kita hindari. Nah, kemampuan ini bisa kita rasakan pada Karimun Wagon R.

2. Front dan back grill elegan
Didesain dengan grill depan belakang membuat kesan mewah pada mobil karimun wagon R. Berwarna croom dan indah dipandang oleh mata. Dari depan tampak seperti mobil mewah dan elegan yang memancarkan kilauan warna silver metalic. Pada bagian depan terdapat lambang seperti lambang negara Indonesia yaitu seperti burung garuda. Jika dilihat dari belakang sangat simple dan mempesona tantunya dengan kilauan silver metalic.

3. Sport wheels memberi kesan sporty
Ini adalah andalan yang semakin menarik dari mobil karimun Wagon R. Velg yang sporty membuat mobil terlihat gagah dan jantan. Velg berbentuk bintang itu sangat matching saat digunakan pada karimun wagon R. Nah, bagi Anda yang hobi dengan desain sporty mobil karimun wagon R sangat cocok dengan selera Anda.

4. Roof Top/Rail Roof alternatif terbaik (GX dan GL)
Saat melakukan rekreasi bersama keluarga atau teman kantor biasanya kita akan membawa banyak barang seperti tikar, tas, peralatan makan, peralatan memancing, dan barang-barang pendukung kegiatan rekreasi. Fitur ini terdapat pada tipe GX dan GL. Jadi sangat jelas bukan manfaat yang dimiliki jika kita menggunakan suzuki wagon R.

5. The Car with beautiful color
Pilihan warna sangat mempengaruhi keinginan seseorang dalam memilih mobil. Bahkan dengan mobil yang sama, pabrikan yang sama namun warna berbeda bisa menyebabkan perbedaan dari segi harga. Nah, jadi menentukan warna mobil juga tidak bisa sembarangan. Untuk itu Suzuki bersama Karimun Wagon R dilengkapi dengan warna yang variatif.


Adapun pilihan warna yang dimiliki mobil Karimun wagon R adalah :
  • Pearl White
  • Splash Green
  • Lagoon Turquoise
  • Silky Silver
  • Graphite Gray
  • Cool Black
  • Radiant Red
  • Burgundy Red

Kelebihan #2 : Interior SUPER
Selain kelabihan karimun wagon R pada bagian exterior, tentu mobil produksi suzuki ini mempunyai kelebihan pada bagian interiornya. Agar tidak banyak pertanyaan yuk kita lihat kelebihan apa saja sih.

1. Dashboard indah dan nyaman
Mobil Karimun Wagon R mempunyai dashoard yang indah, luas dan nyaman. Sehingga akan membuat betah walupun berlama-lama didalam mobil. Penampilan dashboard yang indah memberi kesan mewah dan modern. Setelah keindahan itu yang akan kita rasakan adalah kenyamanan selama duduk mengendarai mobil karimun wagon R.

Cluster meter (GX dan GL) Khusus untuk karimun wagon R dengan tipe GX dan GL memiliki desian cluster meter yang modern dan sporty. Membuat semakin nyaman saat berkendara. Ini merupakan salah satu fitur agar konsumen Suzuki puas dengan produk yang di desain oleh Suzuki.

Electric power steering dan power window (GX dan GL) adalah fitur yang bergunan untuk memudahkan pengendara wagon R agar bisa lebih santai saat berkendara khususnya jarak jauh. Memanjakan pengemudi bak sebuah pelayanan yang dilakukan oleh robot. hehe. Lalu power window sehingga pengaturan lock window bisa diatur oleh pengemudi sehingga anak-anak akan lebih aman saat dibawa berkendara. Lalu kita lihat fitur aman (save) berikut ini.

2. Safety and alarm (All type GA, GL, GX)
Selain kelebihan karimun wagon R dari segi kenyamanan juga terdapat kelebihan keamanan yang terdapat dalam sistem mobil ini. Pertama, safety belt. Keselamatan yang paling penting dalam berkendara. Menggunakan safety belt sudah menjadi peraturan berlalu lintas. Menggunakan safety belt bukan hanya untuk menghindari ditilang oleh polisi, namun ini menyangkut keselamatan jiwa pengendara maupun punumpang.

Kemudian yang kedua adalah alarm pada mobil. Agar pemilik mobil merasa aman memarkirkan mobilnya maka di pasang sistem alarm pada mobil. Misalnya apabila terjadi tabrakan, ada orang yang mencoba mengambil barang didalam mobil dengan membuka mobil secara paksa. Maka alarm mobil akan berbunyi dan memberi tahu kepada orang disekitar.

Immobilizer adalah fitur yang mendukung keamanan mobil yaitu mobil hanya menyala dengan menggunakan kunci asli.Wow! Jadi akan mengurangi resiko pencurian. Kita bisa lebih tenang saat memarkirkan mobil di luar. Dengan demikian mobil kita akan lebih aman dan menjauhkan kita dari resiko kemalingan. Immobilizer adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang bekerja dilapangan. Sering memarkirkan mobil dipinggir jalan saat berbelanja pun akan lebih tenang, Insya Allah.

Child proof door lock
Bagi Anda yang sering parno membawa anak-anak di dalam mobil tidak perlu khawatir lagi dengan keisengan dan kenakalan mereka. Sekarang mobil karimun wagon R sudah menyikapi hal tersebut dengan adanya child proof door lock, para orang tua yang membawa anak-anak berkendara bisa mengunci pintu mobil sehingga anak-anak tidak lagi mempunyai akses untuk membuka lock pada pintu mobil.
Oleh karena itu mulai sekarang para pekerja, para orang tua, para mahasiswa yang menggunakan mobil karimun wagon R tidak akan khawatir lagi karena mobil karimun mendukung fitur keamanan yang kompleks. Menguranig resiko dan berkendara akan semakin nyaman.

3. Bagasi belakang  luas cocok untuk gaya hidup modern
Bagasi termasuk bagian paling penting dari sebuah mobil. Suzuki menangkap kebutuhan masyarakat atas itu. Mobil Karimun Wagon R di desain denga bagasi yang luas bahkan bisa memuat 1 sepeda dan beberapa suitcase. Ini membuktikan bahwa walaupun ukuran mobil tidak terlalu besar namun kabin di dalam mobil bisa dimanfaatkan seefektif mungkin.

4. Kompartemen dan Under sheet tray menjaga kerapian dan keamanan barang
Selain bagasi yang luas, mobil ini juga mempunyai kompartemen atau slot tempat barang yang banyak yaitu lebih dari 10 slot. Apa alasan kompartemen ini dibuat? Manfaatnya adalah agar pemilik mobil bisa lebih mengatur tata letak barang sehigga tidak berserakan di dalam mobil. Saya pribadi jika memasuki sebuah mobil sangat tidak nyaman apabila banyak benda yang berserakan dan bertaburan di dalam mobil. Suasana menjadi terasa sesak. Oleh karena itu diperlukan slot khusus tempat meletakkan barang seperti botol air minum, tempat handphone, tempat dokumen dan surat-surat dan masih banyak lagi.

Lalu pada bagian bawah seat terdapat bagasi lagi ini hanya terdapat pada tipe GX saja. Ruang kosong pada bagian bawah seat sengaja dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan barang berharga yang ukurannya cukup besar seperti laptop, tablet, handphone, tas atau dokumen rahasia kantor. Anda pasti akan percaya bahwa susunan mobil akan lebih rapi karena ruangan di mobil dimanfaatkan sehingga lebih efektif dan bermanfaat serta terjaga keamanannya.

5. Spare ban serap
Ini dia salah satu yang tidak boleh ketinggalan sebagai barang yang harus selalu ready di dalam mobil, "ban serap mobil". Saat menggunakan mobil kita tidak bisa menjamin kondisi ban akan selalu baik. Walaupun kita sudah berhati-hati saat mengendarainya. Bisa saja saat mengendarai mobil tiba-tiba ban bocor. Memang kalau bocor mungkin masih bisa kita tambal, namun bagaimana jika ternyata pecah. Apa yang harus kita lakukan? Apalagi jika ditempat itu tidak ada bengkel? Oleh karena itu sebaiknya kita selalu membawa ban serap. Karimun Wagon R memberikan tampat khusus untuk meletakkan ban serap ini yaitu pada bagian bawah bagasi. Padalah bagasi saja sudah luas tapi ternyata pada bagian bawahnya masih bisa dimanfaatkan sebagai tempat ban serap. Salut deh dengan karimun wagon R.

Kelebihan #3 : Performa SUPER Karimun Wagon R, memang Nomor Wahid
Nyaman digunakan untuk perjalanan jauh
Yang menjadikan mobil Karimun Wagon R nyaman untuk digunakan adalah mesin dan interiornya didesain untuk mendapat kenyamanan penumpang dan pengendara. Sebagaiman yang telah kita paparkan diatas, bahwa mesinnya yang baik sehingga lebih bertenaga membuat perjalanan bisa ditempuh dengan cepat tanpa harus mabuk. Mengapa demikian? Ada beberapa poin yang mebuat saya yakin bahwa karimun wagon R cocok untuk perjalanan jauh, alasannya karena :

  • Kabin yang luas + AC mobil, menjaga udara didalam tidak sesak walaupun memuat 5 orang
  • Head dan Leg room luas sehingga tidak pegal walaupun lama didalam mobil
  • Mesin yang tangguh dan hemat bahan bakar
  • Bagasi yang luas sehingga barang tidak perlu ditumpuk bersama penumpang

Jika bercerita mengenai perjalanan jauh saya jadi teringat dengan kampung dan nenek. Nenek saya baru saja meninggal pertengahan bulan maret 2014 ini. Sedihnya saya tidak bisa melihat nenek untuk terakhir kalinya. Andai saja saya sudah bisa mengendarai mobil tentu saya bisa pulang ke kampung ayah, yaitu sumatra barat untuk melihat pemakaman nenek. Semoga suatu saat saya bisa mengendarai mobil dan mobil yang paling ingin saya kendarai adalah Suzuki Karimun Wagon R.
Lincah, menyelip di dalam kota pun tidak masalah
Lalu performa mobil karimun wagon R yang paling merebut perhatian adalah mudah untuk menyelip di jalanan maupun di gang sempit untuk memotong jalan agar terhindar macet. Kita tahu pada zaman sekarang ini dimana lagi daerah di kota-kota besar seluruh Indonesia yang tidak macet. Hampir mayoritas mengalami macet yang merata mulai dari pagi hari saat pergi bekerja hingga sore hari saat pulang kerumah. Saya bertanya-tanya, dari dulu saya perhatikan dari mobil karimun adalah bodinya yang ramping dan simple. Ternyata inilah manfaat dari dibentuknya body yang slim ini.

Irit bahan bakar dan ramah lingkungan
Selain nyaman untuk digunakan berkendara jauh dan menyelip di jalanan. Kelebihan mobil karimun adalah hemat bahan bakar. Memang mobil yang hemat bahan bakar sedang menjadi andalan banyak produsen mobil belakangan ini. Karimun Wagon R didesain untuk hemat bahan bakar dengan adanya shift indicator. Dengan mudahnya memindahkan gigi perseneling membuat bahan bakan lebih efisien dalam melakukan pembakaran.

Kita tahu bahwa sumberdaya alam semakin hari semakin terus berkurang. Jika digunakan secara terus menerus tanpa adanya regenerasi bisa jadi sumberdaya tersebut akan habis dikemudian hari. Dan saat itu terjadi bagaimana anak dan cucu kita nanti. Menghemat bahan bakar bukan berarti hanya dengan mencari kendaraan yang hemat energi. Tapi kesadaran di dalam hati setiap manusia lah yang diperlukan. Oleh karena itu Suzuki bersama mobil karimun wagon R mendukung betul penghematan bahan bakar. Tunggu apa lagi mari kita gunakan mobil karimun.

Karimun Wagon R sebagai terbaik LCGC 2014
Dari semua performa yang dimiliki oleh Karimun Wagon R yang paling menarik perhatian kita adalah penghargaan LCGC yang didapat pada tahun 2014. Itu adalah penghargaan terhadap mobil yang memiliki kategori mobil ramah lingkungan paling murah. Tentunya dari berbagai macam peniliaan dan kompetitor baik itu dari aspek efisien bahan bakar dan energi, performa mobil serta harga tentunya. Karimun Wagon R keluar sebagai Best Low Cost Green Car (LCGC). Untuk itu apalagi yang harus kita pikirkan, dengan adanya penghargaan ini tentu membuktikan bahwa Karimun Wagon R sebagai mobil terbaik di Indonesia.

Dengan demikian panjangnya pemaparan di atas semoga membuat tulisan ini sebagai referensi Anda untuk menggunakan Suzuki Karimun Wagon R. Dan jangan lupa fitur SUPER yang dimilikinya Spacious, Usefull, Practical, Efficient dan Reasonable. Karimun Wagon R memang mobil terbaik di Indonesia.

Partisipasi dalam blog competition 2104 :

Sumber tulisan :
1. Pengalaman pribadi
2. http://www.suzuki.co.id/karimun_wagon_r/

Sumber foto :
1. Website official suzuki
2. Foto Editing penulis

Post a Comment

Perhatian Para Pembaca!
Dilarang Keras:
1. Menggunakan kata-kata kotor dalam menulis komentar, terima kasih atas partisipasi saudara/i.
2. Menulis link hidup, link yang tidak berkaitan.
3. Silahkan sertakan sumber jika meng-copy tulisan di atas.
4. Sangat disarankan untuk memfollow blog ini.
5. Jangan lupa untuk berlangganan artikel terbaru.

Previous Post Next Post