Firewall dengan Iptables (Implementasi pada Linux)

By , 10:00 ~ , 0 komentar
iptables linux
Sebagaimana yang telah kita jelaskan sebelumnya mengenai firewall yang dapat dibaca pada apa itu firewall?. Kali ini kita akan mempraktekkan fungsi dari firewall melalui sebuah peragkat lunak yang bernama iptables (Implementasi pada Linux). Untuk mendapatkan fungsi yang maksimal penggunaan iptables biasanya akan membutuhkan media praktek.

Kenapa menggunakan iptables? Tentunya akan menjadi pertanyaan besar karena kita tahu bayak aplikasi yang bisa digunakan sebagai firewall. Salah satu alasan kenapa menggunakan Iptables adalah karena aplikasi ini open source dan mudah untuk digunakan, juga menjadi standar pada sistem operasi linux sendiri. Pada linux ada dua firewall yang paling terkenal yaitu iptables dan ipchain.

Iptables sangat mudah untuk diimplementasikan karena sudah banyak digunakan dan juga web yang membahas tuntas seputar iptables linux seperti wikipedia.org.

Contoh implementasi iptables yang akan kita pelajari sebagai berikut :

  1. Aturan penulisan iptables
  2. Membuat inisialiasi pada iptables
  3. Mengizinkan paket dengan protokol ICMP
  4. Menentukan akses lalu lintas paket pada port tertentu

Masih sangat banyak konfigurasi security atau keamanan jaringan yang memaksimalkan kerahasiaan data maupun praktek-praktek hacker yang tidak bertanggung jawab. Seomoga dengan adanya Implementasi iptables pada linux ini dapat membantu kita dalam menjaga privasi dan konektifitas yang memuaskan dalam penggunaan jaringan komputer terkhusus pada zaman globalisasi ini.
M Annas Al Akram
Firewall dengan Iptables (Implementasi pada Linux) - written by M Annas Al Akram , published at 10:00, categorized as Iptables , Keamanan Jaringan . And have 0 komentar
No comment Add a comment

Perhatian Para Pembaca!
Dilarang Keras:
1. Menggunakan kata-kata kotor dalam menulis komentar, terima kasih atas partisipasi saudara/i.
2. Menulis link hidup, link yang tidak berkaitan.
3. Silahkan sertakan sumber jika meng-copy tulisan di atas.
4. Sangat disarankan untuk memfollow blog ini.
5. Jangan lupa untuk berlangganan artikel terbaru.

Cancel Reply
GetID