Mengenal Protokol HTTP

Kita lanjutkan pembahasan mengenai pengaturan protokol HTTP. Apakah itu HTTP? adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protokol. HTTP adalah penghubung yang meladeni/meminta antara server dan client dan protokol jaringan ini terletak pada lapisan Aplikasi/Layer 7. Penggunaannya mengambil sumber daya pada dunia internet. HTTP berjalan pada port 80. Dibagi menjadi dua versi mayor, yaitu HTTP/1.0  dan HTTP/1.1.
protokol HTTP

Perbedaan diantara keduanya :

HTTP/1.0
Menjalankan koneksi terpisah, yaitu harus didefenisikan pada setiap file.

Sedangkan HTTP/1.1
Menjggunakan koneksi yang sama (satu saja), dapat memanggil setiap file tanpa menggunakan koneksi berulang. Nah, ini akan mempercepat waktu, karena tidak diperlukan pemanggilan koneksi berulang.

HTTP dapat dijalankan dengan menggunakan web browser. Seperti halnya saat kita melakukan panggilan ke suatu web server. Pemanggilan dari client dilakukan melalui browser, lalu si penyedia server/web server mengirimkan jawaban atas permintaan client. Untuk lebih jelasnya kita contohkan sebagai berikut. Misalnya ketika kita melakukan panggilan ke google.com, kita mengetikkan URL google untuk meminta web server google menampilkan website. Nah, singkatnya proses permintaan tersebut akan dihantarkan oleh protokol HTTP, dan permintaan akan dipenuhi lalu di balas melalui HTTP juga.

Adapun beberapa fitur yang didukung HTTP, yaitu : HTML, PHP, CSS, DATABASE, DNS, dan lain-lain.

1 Comments

Perhatian Para Pembaca!
Dilarang Keras:
1. Menggunakan kata-kata kotor dalam menulis komentar, terima kasih atas partisipasi saudara/i.
2. Menulis link hidup, link yang tidak berkaitan.
3. Silahkan sertakan sumber jika meng-copy tulisan di atas.
4. Sangat disarankan untuk memfollow blog ini.
5. Jangan lupa untuk berlangganan artikel terbaru.

  1. Sudah saya kunjungi dan saya rasa tulisan Anda bagus-bagus. Semoga sukses.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post