Apa itu OLED?

By , 16:55 ~ , 0 komentar
Apakah itu OLED? OLED atau yang disebut Organic Light-Emitting Diode adalah sebuah semikonduktor yang terbuat dari bahan-bahan organik. OLED juga biasa disebut Diode cahaya organik. Kenapa disebut dioda cahaya organik, karena OLED adalah sebuah teknologi yang mampu memancarkan cahaya dari bahan yang sangat tipis dan lentur. Seperti sebuah plastik yang dapat dipatahkan tanpa merusak rangkaian yang berda di dalamnya. Sangat menarik bukan?



Diode cahaya organik ini adalah perkembangan dari teknologi LED yang biasa digunakan pada teknologi layar yang biasa terdapat pada TV ataupun monitor komputer. LED berhasil dikembangkan pertama sekali oleh ilmuwan perusahaan Eastman Kodak yang bernama Dr. Ching W. pada tahun 1979, namun riset di Indonesia pertama sekali dilakukan pada tahun 2005. Dan dalam pengaplikasiannya OLED masih digunakan sebagai piranti/alat teknologi tampilan.

Sedikit tentang LED seperti yang kita ketahui bahwa Light-Emitting Diode memiliki cara kerja memanfaatkan interferensi cahaya dari led yang terdapat pada layar. Sehingga pada aplikasinya LED memiliki tampilan yang lebih tajam daripada teknologi sebelumnya yaitu LCD yang hanya menggunakan bantuan liquida/cairan. Memang bentuknya hampir sama, tapi OLED lebih tipis dapipada LCD. Kualitas gambar yang lebih tajam dan jelas, dan kita dapat melihat tampilan yang dihasilkan dari segala arah sudut pandang dengan kualitas yang sama. 

Dan sekarang berkembang menjadi OLED yang dengan kualitas yang sama namun dengan media yang beribu kali lebih tipis. OLED bisa memiliki ketipisan hingga 1mm. Bentuknya transparan bahakan dengan rangkaian semikonduktor didalamnya. Ntah bagaimana caranya bisa menyembunyikan rangkaian didalam sebuah plastik tansparan. Tidak kalah hebatnya OLED juga bisa dilipat dan dimasukkan kedalam saku karena ketipisannya yang sangat luar biasa.

Pertanyaannya? Kapankah teknologi OLED dimanfaatkan pada beberapa gadget canggih seperti PC tablet, smartphone ataupun layar yang digunakan pada phablet?

Pada TV dan beberapada gadget sudah ada yang memanfaatkan teknologi Diode cahaya organik ini. Pasti akan terus berkembang nantinya merambat kesemua alat teknologi. Kita tunggu saja kejutan yang diluncurkan dari perusahaan-perusahaan besar seperti ASUS, SAMSUNG, APPLE, LG, SONY dan lain sebagainya. Mereka akan selalu bersaing untuk kecanggihan dari produk-produknya.

Pada akhirnya disetiap ASUS Fonepad tablet, disetiap SAMSUNG All Series, dan disemua gadget ntah itu namanya tablet, smartpone ataupun phablet akan menggunakan teknologi berbahan organik ini. Pastinya dari bahan organik yang mudah untuk didaur ulang akan menjadikan OLED sebagai salah satu teknologi hijau, Go Green, Go OLED.

Elviana Anna
Apa itu OLED? - written by Elviana Anna , published at 16:55, categorized as Gadget , Teknologi . And have 0 komentar
No comment Add a comment

Perhatian Para Pembaca!
Dilarang Keras:
1. Menggunakan kata-kata kotor dalam menulis komentar, terima kasih atas partisipasi saudara/i.
2. Menulis link hidup, link yang tidak berkaitan.
3. Silahkan sertakan sumber jika meng-copy tulisan di atas.
4. Sangat disarankan untuk memfollow blog ini.
5. Jangan lupa untuk berlangganan artikel terbaru.

Cancel Reply
GetID